Bisnis Online Meredup Saatnya Meredefinisi Arah Website Bisnis | Bisnis ala Widy Jantiko Blog!

Bisnis Online Meredup Saatnya Meredefinisi Arah Website Bisnis | Bisnis ala Widy Jantiko Blog!

Tulisan ini terinspirasi dari beberapa blog. Setelah sebulan ini bisnis online yang saya jalankan seperti mengalami penurunan yang cukup tajam terutama setelah lebaran lalu usai. Sebenarnya cukup tersindir juga dengan tulisan master SEO dari Seokita.com yang dikenal dengan sebutan mas keke, "Ranking #1 di search engine bukan jaminan produk laris manis terjual," Namun artikel tersebut bukanlah satu-satunya yang menggugah saya untuk meredefinisi arah tujuan pembuatan website zahrah-eshop.com, yang sebulan belakangan ini tetap ramai dikunjungi namun minim transaksi.

Tapi Allah memang maha adil. memberi Seringkali saya membuat tulisan tidak hanya untuk ditujukan untuk orang lain, tapi juga untuk memecut diri ini yang seringkali mengalami turun semangat seperti tulisan yang baru-baru ini saya buat Gagal ikutan Tes CPNS Jadilah Pengusaha Muda Unggulan, menjadi pengusaha memang bukan pekerjaan mudah seperti membalikkan telapak tangan, terkadang mood dan semangat sangat bergelora, terkadang semangat itu redup. Jika semangat itu redup yang saya lakukan membuat tulisan-tulisan untuk membuatnya menyala kembali.

"Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-NYA kepadamu. Dan ALLOH tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri; yaitu orang -orang yang kikir dan menyuruh orang lain berbuat kikir. Barang siapa berpaling (dari perintah ALLOH), maka sesungguhnya ALLOH, DIA Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (Quran Surat Al-Hadiid ayat 23-24)

Ayat ini memang cocok untuk saya dan mungkin rekan-rekan yang mengalami situasi seperti saya ini dan cocok juga bagi mereka yang berbangga-bangga diri dengan kesuksesan mereka dalam hal apapun. Memang bisnis terkadang seperti huruf S miring horizontal atau tepatnya seperti ini " ~ " mungkin tulisan ini bisa memperjelas Mengindari Siklus S Dalam Bisnis - Simak, Jangan Terjebak.

Makanya apa yang salah jika pengunjung web banyak, tapi transaksi nihil. Akhirnya sayapun melakukan riset kecil-kecilan kebeberapa website toko online sejenis dan membandingkanya dengan website zahrah-eshop.com, ternyata saya banyak menemukan kesalahan strategi dalam penentuan frase kata kunci yang di usung untuk membuat website ini banyak dikunjungi yang saya lakukan, seperti mas Keke (Seokita.com) bilang

Dapat dikatakan bahwa banyak pemilik website bisnis menggunakan frase untuk kata kunci (keyword) sebagian besar tidak tepat sasaran dan tidak dapat mendatangkan traffic dari search engine. Hal ini dapat dilihat dari statistik traffic website, disana terdapat informasi mengenai frase-frase apa saya yang digunakan pengunjung untuk menemukan sebuah website melalui search engine. Jika di dalam log statistic tidak menunjukkan adanya traffic dari kata kunci yang menjadi andalan kita, itu artinya kata kunci yang kita gunakan tidak tepat. Mereka yang menyasar pengunjung dengan kata kunci yang tidak tepat untuk datang ke websitenya dapat disebut sebagai “Invisible enterpreanure”.

Karena itu sayapun mulai membuat pembenahan-pembenahan di sana-sini, memang pada mulanya saya berpikir Attract Visitor terlebih dahulu baru convert menjadi potential market, tapi ternyata mungkin tidak semudah seperti itu kita membutuhkan strategi dan planning yang lebih jelas. Berikut beberapa langkah yang saya ambil untuk meredefinisi arah tujuan website toko online:

Menentukan Arah Untuk Blog Toko Online

Menentukan definisi arah dan tujuan sebuah toko online akan berbeda dengan blog personal atau blog berita. Perbedaan-perbedaan arah dan tujuan pembuatan setiap blog bisa dilihat dengan melihat

Dengan meluangkan waktu untuk berpikir tentang faktor-faktor berikut dan saat kita bekerja dengan cara saat memperoleh pengetahuan yang kita peroleh dari riset akan membuat kita memiliki jawaban yang lebih jelas mengenai faktor-faktor penentu arah blog toko online.

Target Audience

Setelah melakukan riset kecil-kecilan dengan kata kunci yang dibangun dengan SEO selama ini ternyata audience yang melakukan kunjungan sekaligus transaksi merupakan kebanyakan wanita bekerja berusia di atas 25 tahun, cenderung independent, tidak tergantung pada orang lain, dan memiliki anak yang belum beranjak remaja. Jika melihat produk yang saya tawarkan di zahrah-eshop.com memang sangat penting untuk merubah arah target audience agar wanita berusia di bawah 25 tahun dan priapun menjadi pelanggan potensial dan membutuh kerja keras ekstra.

Pentingnya menentukan target audience karena seorang anak remaja yang mengenal teknologi akan lebih menyukai melakukan Social-Bookmarking dengan DIGG atau Stumbelupon daripada seorang ibu-ibu yang tidak tahu apa itu DIGG dan lebih menyukai meng-klik advertising yang menarik perhatian mereka.

Apakah pengunjung web merupakan orang-orang yang jika menemukan artikel dari Google lalu setelah dibaca lalu ditinggalkan, mungkin sangat penting untuk di analisis.

Monetization

Dari awal memang zahrah-eshop.com di planning untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari Google Adsense. Jadi sebenarnya tidak masalah jika website memiliki target seperti pengunjung web merupakan orang-orang yang jika menemukan artikel dari Google lalu setelah dibaca lalu ditinggalkan, karena mungkin iklan yang tampil sesuai dengan pencarian mereka dan menarik perhatian. Namun Tetap harus memfokuskan pada target utama kita sebagai blog toko online.

Branding

Branding memang penting, Apakah blog tersebut untuk mempromosikan diri sebagai diri saya sendiri atau blog tersebut mempromosikan sebagai brand dari blog itu sendiri? jadi harus jelas. Seperti zahrah-eshop.com mengusung nama brand "zahraheshop"

Mudah-mudahan bermanfaat! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Footprint untuk SEO - Catatanku 2014

Kawasan Perumahan baru di Bandung Timur Grand Zamzam Rancaekek Kab.Bandung. . Lokasi Strategis Sehingga Pertumbuhan Potensi Harga setiap tahunnya yang semakin tinggi. . - 5 Menit Ke Jalan Propinsi - 5 Menit ke Pusat Perbelanjaan RTC dan Pasar Dangdeur - 14 Menit Ke Gerbang Tol Cileunyi dan RS AMC - 15 Menit ke Pusat Pendidikan Jatinangor (IPDN ITB UNPAD dll) . Jadi Tunggu Apa Lagi! Segera Survey ke Lokasi dan Buktikan sendiri. . Hubungi WA 0851-7427-5474 . #rumahminimalis #rumahmurah #rumahmodern #rumahdijual #rumahbaru #rumah123 #rumahbandung #rumahmurahbandung #jatinangor #fyp #rumahrancaekek #rumahbandungtimur

Temukan keindahan sempurna dalam konsep minimalis modern elegan yang kami tawarkan. Menggabungkan keindahan alam dengan pemandangan kota Bandung yang menakjubkan, kami menawarkan pengalaman tinggal yang luar biasa bagi Anda. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk mendapatkan harga terbaik yang kami tawarkan karena Harga promo kami sangat terbatas dalam jangka waktu tertentu. Jadi jangan tunggu apa lagi! Yuuuu segera infoin ke cabuy cabuy hot nya Yaaa Gaesss!!! sebelum unit-unit terbatas kami habis terjual. Temukan hunian impian di Cluster Grand Asri Tama Cihanjuang sekarang juga sebelum kehabisan!🤩🥳 *SURVEY➡️ BOOKING➡️AKAD➡️ UNIT LANGSUNG BANGUN* 💪🏻🥰🥳 Save dan Hubungi 0851.7427.5474 (WA) . . . #rumahcimahiminimalis #rumahcimahimurah #rumahcimahikbb #rumahcihanjuangdijual #rumahcimahisyariah #rumahcihanjuang #belirumahcimahi #carirumahcimahi #rumahcimahidijualmurah #rumahcimahidijual #rumahcihanjuangbandung #jualrumahcihanjuang #rumahcihanjuangcimahi #rumahparongpong #investasirumahcimahi #rumahcimahibaru #rumahcimahikota #rumahcimahibandungbarat #rumahcihanjuangmurah #rumahcimahi2lantai #dijualrumahcimahi #rumahcimahi #inforumahcimahi #rumahcimahimewah #rumahcimahibandung #jualrumahcimahiutara #intags #jualrumahcimahi #rumahcimahidualantai #rumahcimahiutara